Selasa, 03 Mei 2011

Setelah Osama Tewas, AS Yakin Bisa Hancurkan Al Qaeda

http://images.detik.com/content/2011/05/04/1148/osama-bin-ladennnnluar.jpg
Jakarta,Topsevennews: - Setelah Osama Bin Laden dipastikan tewas, Amerika Serikat semakin percaya diri memerangi organisasi Al Qaeda. AS meyakini pasca Osama tewas, kekuatan Al Qaeda semakin terdegradasi.

Kepala kontraterorisme Gedung Putih John Brennan mengatakan kematian Osama memukul semangat para pejuang Al Qaeda. "Kami akan mencoba mengambil keuntungan dari kesempatan yang kita miliki sekarang dengan kematian pemimpin Al Qaeda, bin Laden, untuk memastikan kami dapat menghancurkan organisasi itu," kata Brennan dalam acara Today NBC seperti dikutip reuter, Selasa (3/5/2011).

"Kami bertekad untuk melakukannya dan kami percaya kami bisa," ujarnya dengan yakin.

Sejak serangan tahun 2011 di New York dan Washington, Al Qaeda telah melahirkan kelompok yang berafiliasi di Timur Tengah dan Afrika Utara dan menginspirasi serangan kelompok militan di Eropa dan Amerika Serikat.

"Kami percaya bahwa kita telah merusak organisasi (Al Qaeda), kemampuannya terdegradasi dan membuatnya jauh lebih sulit untuk beroperasi di dalam maupun di luar Pakistan," terang Brennan.

Ketua Senat Komite Hubungan Luar Negeri John Kerry mengatakan dalam sebuah wawancara MSNBC pada hari Senin (2/5) kemarin, serangan pesawat tak berawak AS di Wilayah Federal Kesukuan Pakistan telah membunuh sebanyak 17 pemimpin senior Al Qaeda sebelum kematian Osama.

Sebelumnya, Direktur CIA Leon Panetta memperingatkan bahwa kematian Osama "hampir pasti" mendorong militan lainnya untuk mencoba melakukan serangan balasan.

Tapi Brennan berpendapat sebaliknya. Para pejabat AS menyadari tidak ada ancaman tertentu, hampir 48 jam setelah kematian Osama. "Tapi apa yang kita lakukan adalah kita mengambil semua tindakan yang bijaksana dalam setiap kali ada insiden penting seperti ini," kata Brennan dalam wawancara terpisah di ABC's "Good Morning America".

"Sekarang, saya pikir kami merasa sangat yakin bahwa kami berada di jalur yang tepat," tandasnya.***

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail