Senin, 11 April 2011

12-4-1961: Manusia Pertama ke Luar Angkasa

http://media.vivanews.com/thumbs2/2010/04/20/88514_yuri_gagarin__manusia_pertama_di_luar_angkasa_300_225.jpgMockow, Topsevennews: Putra seorang tukang kayu itu berhasil mengorbit selama satu jam dan 29 menit. Tepat 50 tahun yang lalu, astronot Uni Soviet bernama Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang meluncur ke luar angkasa. Kini, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengakui pencapaian Gagarin itu dengan menetapkan tanggal 12 April sebagai "Hari Penerbangan Antariksa Internasional."

Menurut stasiun televisi History Channel, putra seorang tukang kayu itu berhasil mengorbit selama satu jam dan 29 menit setelah meluncur dengan roket Vostok 1. Setelah berhasil kembali ke Bumi, Gagarin menjadi terkenal di penjuru dunia. Dia pun dianggap pahlawan oleh pemerintah Uni Soviet.

Sejak saat itu, Gagarin tidak pernah lagi meluncur ke luar angkasa. Namun, Gagarin diberi tanggungjawab untuk melatih para astronot, yang di Soviet disebut sebagai kosmonot.

Gagarin wafat di usia 34 tahun. Pesawat jet yang dikemudikannya jatuh saat melakukan penerbangan latihan pada 27 Maret 1968 di dekat Moskow.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail