Minggu, 10 April 2011

Jadi Anggota DPR Jagalah Sikap dan Akhlak

JAKARTA,- Ketika menerima kepercayaan menjadi pejabat publik, seharusnya setiap orang harus menjaga sikapnya di depan publik. Apalagi, jika sudah terpilih menjadi wakil rakyat.

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/04/08/1608268620X310.jpg

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (11/4/2011). Menurutnya, pemahaman ini harus dimiliki setiap anggota DPR RI untuk mencegah terulangnya insiden Arifinto.

"Langkahnya sebenarnya sederhana. Kalau sudah menjadi pejabat terpilih, wakil rakyat... Ya kan begini, tidak bisa dipungkiri terutama para laki-laki pasti mayoritas pernah melihat itu (gambar atau video tak senonoh), tetapi kan ketika sudah menjadi (pejabat) yang terhormat dan sebagainya ya sudahlah jangan main-main seperti itu," katanya kepada para wartawan.

Langkah Arifinto untuk mundur setelah tepergok melihat gambar tak senonoh melalui komputer tablet miliknya saat sidang paripurna Jumat lalu disambutnya dengan baik. Selain penting untuk memulihkan nama baiknya, baik pula untuk memulihkan nama baik partai dan DPR.

Politisi PDI-P ini pun teringat pada periode lalu ketika salah satu anggota Fraksi PDI-P pun diganti karena persoalan isu pornografi. Pramono mencatat bahwa peristiwa itu tentu tidak ada untungnya sama sekali bagi para pelakunya. Kerugiannya banyak, baik untuk pribadi masing-masing, maupun institusi yang diwakilinya.

Oleh karena itu, pengendalian diri menjadi sangat penting. Hanya saja, Pramono tak sepakat bila kemudian peristiwa ini ditindaklanjuti dengan laranngan membawa PC Tablet ke dalam sidang paripurna atau rapat-rapat DPR.

"Larangan itu menurut saya tidak relevan, karena apapun anggota DPR ketika sidang paripurna itu tidak bisa tidak berhubungan dengan dunia luar ataupun pekerjaan-pekerjaan lainnya. Tapi, juga kan dia harus tahu batas kesopanan, batas code of conduct, etika, apa yang boleh atau yang tidak boleh. Nah, menurut saya itu yang paling penting. Mau dilarang-larang apa aja, kalau kemudian nyimpennya di sakunya, ya sama aja," ungkapnya kemudian.

Kompas.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail