Senin, 11 April 2011

PKB Ajak PPP dan Gerindra Bentuk Koalisi Baru

JAKARTA-- Top Seven News: Tiga partai politik kelas menengah yakni Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Gerindra sepakat membentuk koalisi tematik atau koalisi untuk menghadapi tema-tema tertentu secara bersama-sama.

"Jadi koalisinya per tema," kata Ketua DPP PKB Marwan Jakfar usai diskusi bertajuk "Menuju Pemilu yang Lebih Demokratis: Bagaimana Membagi Kursi yang Adil" di kantor DPP PKB, Jakarta, Ahad.

Saat ini, kata Marwan, koalisi tersebut dibangun untuk menghadapi pembahasan UU Pemilu, terutama mengenai "parliamentary threshold" (PT) dan sistem pemilu. Marwan mengakui koalisi tematik tersebut dijalin untuk menghadapi partai-partai besar yang terlihat ingin memaksakan kehendak yang bisa merugikan partai menengah dan kecil.

Ia berharap partai kelas menengah lainnya, yakni PAN, PKS, dan Hanura bersedia bergabung dengan mereka. "Sudah ada komunikasi, dan akan terus digulirkan. Di level ketua umum komunikasi juga sudah terbangun," katanya.

Wakil Sekjen DPP PPP M Romahurmuziy menambahkan, koalisi tematik dibangun bukan semata-mata untuk kepentingan partai kelas menengah terkait UU Pemilu, melainkan juga untuk mendorong agar pembahasan UU itu didasari keluhuran budi, bukan didasari semangat untuk melenyapkan partai lain.

"Koalisi tematik tidak semata-mata mempertahankan kepentingan partai menengah, tetapi mendudukkan prinsip-prinsip demokrasi pada proporsinya," kata Romi, panggilan akrab politisi muda partai berlambang Ka'bah itu.

Sekjen Gerindra Achmad Muzani menilai koalisi tematik merupakan sesuatu keniscayaan, apalagi dalam tradisi keparlemen di Indonesia selalu terbentuk koalisi-koalisi baru dalam persoalan-persoalan tertentu, misalnya terkait Century, mafia pajak, dan lain-lain.

"Nah, persoalan pemilu ini merupakaan persoalan dasar dari demokrasi. Kami ada kesepahaman bersama," katanya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail